Rabu, 16 September 2009

PENGAMANAN BENDA CAGAR BUDAYA MENJELANG DAN SELAMA RAMADHAN DAN IDUL FITRI

Masalah keamanan telah menjadi sumber keresahan dikaitakan dengan isu terorisme yang telah mengancam dunia. Sasaran teror yang sekarang tidak hanya tertuju pada manusia namun juga bangunan baik yang berskala Nasional maupun Internasional. Semisal ledakan bom yang mengguncang bangunan Internasional seperti Hotel Marriots dan Ritz Charton beberapa waktu lalu yang sanggup membuat mata dunia terbelalak.

Dalam kaitannya dengan salah satu tugas pokok dan fungsi BP3 Yogyakarya dalam pengamanan Benda Cagar Budaya (BCB) di DIY telah digelar kontrol pengamanan. Kegiatan ini digelar dengan tujuan meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan keamanan. Sesuai dengan surat tugas dari Kepala BP 3 Yogyakarta Nomor 1849.A3/BP3/DKP/2009 tertanggal 10 Agustus 2009 telah dilaksanakan kontrol malam dengan sasaran Candi Gebang, Barong, Prambanan, Kantor BP 3 Yogyakarta, Penampungan BCB Seyegan dan Mlati dengan pelaksana Drs. Tri Hartono, M. Hum, Fajar Susanto, Wiwit Heryanto, dan kawan-kawan, dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2009 diperoleh kesimpulan bahwa kondisi keamanan di lokasi tersebut dalam keadaan aman dan terkendali. Pada saat itu di Barong dan Prambanan diadakan pertemuan guna menyamakan pandangan dalam rangka peningkatan keamanan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.

Berdasar surat tugas Kepala BP 3 Yogyakarta Nomor 1850.A3/BP 3/DKP/2009 tanggal 10 Agustus 2009 pada tanggal 24 Agustus ditugaskan Donorejo, Suwarjo, Lanjar dan kawan-kawan untuk mengecek kondisi keamanan di Kantor BP 3 Yogyakarta, Candi Morangan, Kedulan, Sambisari, Kalasan dan Sari. Pada saat itu tidak diketemukan sesuatu hal yang mencurigakan, keamanan terjaga dengan baik.

Pada bulan September 2009 guna mengetahui kondisi keamanan di candi/situs selepas sholat terawih kembali dilaksanakan kontrol keamanan dengan berdasar surat tugas Nomor 2587.A3/BP3/DKP/2009 tanggal 12 September 2009 Kepala BP 3 Yogyakarta menugaskan Donorejo, Lanjar, Supri Rahadi, dan kawan-kawan, bertugas pada tanggal 12 September 2009. sasaran kontrol malam itu adalah Kantor BP3 Yogyakarta, Candi Sambisari, Gebang serta Penampungan BCB Turi, Mlati dan Seyegan. Berdasar pengecekan di lapangan lokasi-lokasi tersebut dalam keadaan terjaga, aman dan terkendali.

Pada tanggal 14 September 2009 selepas sholat terawih untuk mengetahui kondisi keamanan kembali diadakan pengecekan di lokasi-lokasi candi dengan berdasar surat tugas Kepala BP 3 Yogyakarta Nomor 2585.A3/BP3/DKP/2009 tanggal 12 September 2009 yang menugaskan Drs. Tri Hartono, M. Hum, Suwarjo A., Wiwit Heryanto, dan kawan-kawandengan sasaran kontrol malam Kantor BP 3 Yogyakarta, Candi Prambanan, Kraton Ratu Boko, Banyunibo, Ijo dan Barong. Berdasar hasil pengecekan dapat diambil kesimpulan bahwa personil jaga sesuai dengan jadwal piket saat itu dan sudah ada realisasi terhadap antisipasi keamanan pada bulan suci ramadhan khususnya di Candi Prambanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar